Ditemukan Masalah Pada Honda Jazz dan HR-V

Ditemukan Masalah Pada Honda Jazz dan HR-V
TOKYO (DP) — Akibat ditemukannya adanya masalah pada Honda Jazz (Fit untuk pasar Jepang) dan Honda HR-V (Vezzel untuk pasar Jepang) pihak perusahaan sedang melakukan evaluasi. Pabrikan asal Jepang ini menemukan  kerusakan dalam unit kontrol daya dan koil pengapian yang dapat membuat mesin tiba-tiba mati.
Total jumlah unit yang terkena jumlah mencapai 426.076, 251 unit diantaranya luar negeri, seperti New Zealand, Singapore, Hong Kong dan beberapa negara Amerika Latin. Untungnya, tidak ada laporan kecelakaan yang mengakibatkan cedera yang berasal dari masalah tersebut menurut Autonews. Untuk versi Jazz terbaru dalam 12 bulan telah dilakukan recall sebanyak 5 unit di Jepang.
Perusahaan mengatakan sedang mengkaji proses kualitas di seluruh dunia, jika diperlukan akan menunda peluncuran produk, terutama Honda HR-V yang akan diracik di beberapa negara (salah satunya Meksiko). Eksekutif puncak perusahaan juga akan mengambil kebijakan pemotongan gaji selama tiga bulan sebagai bentuk  tanggung jawab.
Presiden Honda Motor Co., Takanobu Ito akan dipotong gajinya 20% untuk tiga bulan ke depan. Mengikuti jejaknya,  Senior Managing Officer Fumihiko Ike  dan Wakil Presiden Eksekutif, Tetsuo Iwamura juga akan menyerahkan 10% gajinya ke perusahaan dalam tiga bulan.
Saat ini Honda juga tengah melakukan penyelidikan apakah airbag racikan Takata yang sedang bermasalah juga teraplikasi di Jazz dan HR-V. Takata sedang mendata tuduhan tentang cacat produk karena meledaknya inflators airbag.  Komponen tersebut juga ada dalam deretan produk Honda. [dp/Wyu]

0 komentar: